Soal tes kompetensi PPPK untuk formasi Guru IPA dapat digunakan sebagai referensi belajar bagi calon peserta yang akan mengikuti seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Guru IPA 2024.
Materi yang diujikan dalam soal PPPK Guru IPA mencakup empat aspek utama, yaitu kompetensi teknis, manajerial, sosial kultural, serta wawancara.
Mengapa Memilih PPPK Guru IPA?
Memilih untuk mengikuti seleksi PPPK Guru IPA adalah langkah cerdas untuk membangun karier yang stabil dan menjanjikan. Mengapa? Ada beberapa alasan mengapa menjadi guru IPA melalui PPPK sangat menarik:
1. Peluang Karier yang Luas
Guru IPA merupakan salah satu kebutuhan penting di sekolah-sekolah, terutama dengan semakin meningkatnya kebutuhan terhadap tenaga pendidik yang berkompeten. Dengan menjadi PPPK Guru IPA, Anda memiliki kesempatan untuk bekerja di lembaga pendidikan dengan jaminan status pegawai negeri non-PNS, yang membawa berbagai keuntungan jangka panjang.
2. Gaji dan Tunjangan yang Menarik
Sebagai Guru IPA PPPK, Anda akan menerima gaji yang kompetitif beserta tunjangan yang sangat membantu dalam mendukung kesejahteraan hidup. Hal ini memberikan rasa aman secara finansial dan memungkinkan Anda untuk lebih fokus pada pengembangan diri dan profesi.
3. Pendidikan dan Pelatihan Berkualitas
Proses seleksi PPPK tidak hanya menguji pengetahuan, tetapi juga memberikan pelatihan-pelatihan yang mendalam dalam bidang IPA. Ini adalah kesempatan berharga untuk meningkatkan kemampuan mengajar dan memperluas wawasan dalam bidang ilmu pengetahuan.
4. Stabilitas Karier
Dengan status PPPK, Anda mendapatkan stabilitas karier seperti pegawai negeri, dengan kemungkinan perpanjangan kontrak yang memberi Anda keamanan pekerjaan untuk tahun-tahun mendatang.
Menjadi Guru IPA melalui PPPK adalah pilihan yang penuh peluang, memberikan Anda kesempatan untuk berkontribusi pada pendidikan, serta menikmati keuntungan finansial dan karier yang menguntungkan. Jangan ragu untuk memilih jalur ini dan mulailah perjalanan menuju karier yang cemerlang!
Gaji Guru PPPK: Kenapa Masih Jadi Sorotan di Indonesia?
Gaji guru selalu menjadi topik yang mendapat perhatian luas dari masyarakat Indonesia. Isu gaji tenaga pengajar, khususnya guru honorer, sering kali menjadi perbincangan hangat karena dianggap masih jauh dari kata layak. Umumnya, gaji guru honorer dihitung berdasarkan jumlah jam mengajar yang mereka lakukan, tanpa adanya jaminan tunjangan seperti yang didapatkan oleh Pegawai Negeri Sipil (PNS). Meskipun memiliki peran yang sangat penting dalam membimbing siswa untuk meraih masa depan, banyak guru yang harus menerima gaji yang tidak sebanding dengan usaha dan tanggung jawab mereka.
Meskipun PNS untuk guru sudah tidak ada lagi, pemerintah kini membuka kesempatan bagi guru untuk bergabung dalam seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Gaji guru honorer yang sangat tergantung pada kebijakan masing-masing sekolah jelas tidak dapat dijadikan acuan untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Kehadiran PPPK untuk guru menawarkan harapan baru, meski tidak ada tunjangan pensiun seperti yang diterima PNS.
Berapa Gaji PPPK Guru Saat Ini?
Gaji guru PPPK tentu saja bervariasi tergantung pada golongan dan jenjang pendidikan yang diampu. Sebagai contoh, guru SD yang telah diangkat menjadi PPPK, dengan golongan 1, mendapatkan gaji berkisar antara Rp1.794.900 hingga Rp2.686.200. Angka ini jauh lebih tinggi dibandingkan dengan gaji guru honorer yang sangat bergantung pada masing-masing sekolah.
Untuk guru dengan status PPPK yang sudah lulus S1, gaji yang diterima dapat berkisar antara Rp2.966.500 hingga Rp4.872.000, dengan perbedaan nominal tergantung pada golongan mereka. Meskipun gaji PPPK guru lebih bervariasi, satu hal yang perlu dicatat adalah bahwa guru PPPK tidak mendapatkan tunjangan pensiun seperti halnya PNS.
Berikut rincian gaji guru PPPK berdasarkan golongan:
• Golongan II: Rp1.960.200 – Rp2.843.900
• Golongan III: Rp2.043.200 – Rp2.964.200
• Golongan IV: Rp2.129.500 – Rp3.089.600
• Golongan V: Rp2.325.600 – Rp3.879.700
• Golongan VI: Rp2.519.700 – Rp4.043.800
• Golongan VII: Rp2.647.200 – Rp4.214.900
• Golongan VIII: Rp2.759.100 – Rp4.393.100
• Golongan IX: Rp2.966.500 – Rp4.872.000
• Golongan X: Rp3.919.900 – Rp5.078.000
• Golongan XI: Rp3.222.700 – Rp5.292.800
• Golongan XII: Rp3.359.000 – Rp5.516.800
• Golongan XIII: Rp3.501.100 – Rp5.750.100
• Golongan XIV: Rp3.649.200 – Rp5.993.300
• Golongan XV: Rp3.803.500 – Rp6.246.900
• Golongan XVI: Rp3.964.500 – Rp6.511.100
• Golongan XVII: Rp4.132.200 – Rp6.786.500
Dengan rincian di atas, gaji guru SMP umumnya masuk dalam golongan IV, sedangkan gaji guru SMA dapat dilihat pada golongan VI. Jika dibandingkan dengan gaji guru di sektor swasta, gaji guru negeri, khususnya yang berstatus honorer, masih jauh lebih rendah. Sekolah swasta seringkali memiliki anggaran yang lebih besar untuk membayar guru karena biaya pendidikan yang dikenakan kepada siswa lebih tinggi.
Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa gaji guru PPPK sangat bervariasi, tergantung pada golongan dan tempat mereka mengajar. Namun, kehadiran PPPK memberikan peluang bagi para guru untuk mendapatkan gaji yang lebih stabil dan layak, meskipun belum setara dengan tunjangan yang diterima oleh PNS.
Tingkatkan Peluang Lulus PPPK Guru IPA! ✨
Siap jadi guru hebat dengan lolos seleksi PPPK? 🎯✨ Jangan hanya bermimpi, waktunya ambil langkah nyata!
💡 Gabung Bimbel PPPK Guru IPA sekarang juga dan dapatkan:
✅ Materi lengkap sesuai standar tes terbaru.
✅ Pembahasan soal bahasa Inggris yang mudah dipahami.
✅ Tryout berbasis CAT untuk persiapan maksimal.
✅ Mentor berpengalaman yang siap mendampingi suksesmu.
💥 Peluang lolos lebih besar! Jangan tunggu sampai terlambat, segera bergabung bersama kami dan raih masa depan gemilang sebagai ASN! 👩🏫👨🏫
👉 Klik link ini sekarang untuk info lebih lanjut: Bimbel PPPK Online BLC. 🌟
👉 Gabung sekarang di Bimbel PPPK Online BLC dan persiapkan diri dengan materi lengkap untuk lulus PPPK 2024 dengan hasil terbaik! 🎯💼
Latihan Contoh Soal-soal PPPK Guru IPA beserta Kunci Jawabannya
1. Seorang guru di daerah yang dikenal sebagai pusat produksi batik memberikan masalah ini: Bu Ani membuat batik tulis dengan kain ukuran 120 cm x 250 cm dan biaya Rp125.000/m². Jika dia menjualnya dengan laba Rp150.000 per lembar, berapa harga jual per lembar batik? Masalah ini sesuai untuk pendekatan pembelajaran matematika yang…
A. Penemuan
B. Realistik
C. Open-ended
D. Saintifik
E. Induktif
Kunci jawaban: B
2. Saat mengajar, Ibu Tiur melihat siswa yang tampak pasif meskipun suasana kelas sangat tenang, tanpa ada yang bertanya atau memberikan pendapat. Untuk mengatasi hal ini, Ibu Tiur menerapkan model tutor sebaya sekaligus melakukan penelitian tindakan kelas (PTK). Tujuan utama dari penelitian ini adalah…
A. mengukur kemampuan siswa dalam bertanya
B. menghitung siswa yang berani bertanya di setiap siklus PTK
C. memberi contoh cara mengemukakan pendapat
D. meningkatkan keberanian siswa dalam bertanya
E. menerapkan model pembelajaran tutor sebaya
Kunci jawaban: D
3. Model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada materi “menggali manfaat persatuan dan kesatuan dalam membangun kerukunan hidup” sangat efektif dalam aspek:
A. Hasil pembelajaran yang lebih menyeluruh dan bermakna dalam mempraktikkan kerukunan hidup
B. Pemahaman konsep persatuan dan kesatuan bangsa yang lebih aplikatif
C. Pemahaman nilai persatuan dan kesatuan yang lebih dalam untuk dihayati dan diamalkan
D. Keterampilan sosial siswa dalam membangun kerukunan hidup yang lebih diterapkan
E. Peningkatan sikap positif siswa terhadap persatuan dan kerukunan hidup
Kunci jawaban: D
4. Sebelum mengajarkan rumus luas segitiga, guru sebaiknya memperkenalkan konsep…
A. luas trapesium dan jajargenjang
B. sifat-sifat persegi panjang
C. bangun datar dan karakteristiknya
D. jenis-jenis segitiga berdasarkan panjang sisi
E. jenis-jenis segitiga berdasarkan besar sudut
Kunci jawaban: A
5. Berdasarkan hasil analisis pembelajaran IPS di kelas IV SD Butuh, siswa tidak aktif dalam bertanya atau memberikan tanggapan, dan guru sering menggunakan metode ceramah. Judul PTK yang sesuai dengan situasi ini adalah…
A. Penerapan metode inkuiri untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam belajar IPS
B. Pengembangan metode inkuiri untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam belajar IPS
C. Hubungan antara metode inkuiri dan keaktifan belajar IPS
D. Pengaruh metode inkuiri terhadap keaktifan siswa dalam belajar IPS
E. Efektivitas penggunaan metode inkuiri untuk meningkatkan keaktifan belajar IPS
Kunci jawaban: A
6. Dalam analisis pembelajaran IPA tentang fotosintesis, Bu Dina menggunakan pendekatan saintifik dan meminta siswa berdiskusi mengenai perbedaan tanaman yang diletakkan di tempat terang dan gelap. Bentuk komunikasi yang paling efektif di kelas adalah…
A. Siswa melaporkan hasil pengamatan mereka
B. Siswa mengumpulkan laporan percobaan mereka
C. Siswa menyajikan tabel hasil pengamatan mereka
D. Siswa menyusun laporan pengamatan mereka
Kunci jawaban: C
7. Bu Lidya, guru kelas 1 SD, memulai pelajaran tema “Diri Sendiri” dengan menyanyikan lagu “Satu-satu Aku Sayang Ibu” dan memperkenalkan bagian tubuh. Namun, siswa tidak banyak berpartisipasi dalam diskusi. Akar masalah dalam pembelajaran ini adalah…
A. Siswa kurang terlibat aktif dalam pembelajaran
B. Kegiatan diskusi tidak berjalan dengan baik
C. Penggunaan media yang tidak tepat
D. Siswa tidak dapat menjelaskan kegunaan bagian tubuh
Kunci jawaban: C
8. Dalam pelajaran IPA tentang pemantulan cahaya, Pak Agung mengajak siswa untuk melakukan eksperimen dengan cermin datar. Penilaian yang diterapkan mencakup ranah kognitif dan psikomotorik. Jika nilai siswa rendah dalam keterampilan menggunakan busur derajat untuk mengukur sudut datang, maka rubrik penilaian yang sesuai adalah…
A. Membaca hasil pengukuran dari arah kanan
B. Menempatkan nol pada garis normal
C. Memposisikan titik tengah busur derajat pada perpotongan sinar pantul dan garis normal
D. Mengukur besar sudut antara garis normal dan sinar datang
E. Menghitung sudut datang
Kunci jawaban: E
9. Dalam pembelajaran discovery learning, tahap awal yang penting adalah memberikan rangsangan berpikir. Untuk topik ekosistem dan rantai makanan, stimulasi yang tepat adalah…
A. Siswa membaca buku dan mengamati gambar tentang ekosistem
B. Siswa berdiskusi dengan teman sebangku untuk merumuskan hipotesis
C. Siswa menulis jawaban atas pertanyaan dari guru
D. Siswa menjawab pertanyaan guru mengenai ekosistem
Kunci jawaban: A
10. Kejahatan yang melibatkan siswa SD sebagai pelaku memerlukan perhatian khusus. Sebagai guru, sikap yang harus diambil berlandaskan prinsip kebenaran yang…
A. Membatasi tugas guru pada pemberian pengetahuan dan keterampilan
B. Menyediakan pendidikan untuk mencerdaskan siswa
C. Menganggap pendidikan moral adalah tanggung jawab keluarga
D. Pentingnya pendidikan karakter dimulai sejak dini
Kunci jawaban: D
11. Untuk membantu siswa memahami konsep penjumlahan pecahan, alat peraga yang paling efektif adalah…
A. Gambar beberapa persegi yang digambar di papan tulis
B. Potongan-potongan model kue pizza dengan ukuran yang sama
C. Lempengan persegi yang dipotong secara vertikal dan horizontal
D. Potongan dari model buah apel
E. Garis bilangan yang digunakan sebagai referensi
Kunci jawaban: B
12. Beberapa prinsip penilaian yang baik antara lain meliputi…
A. Reliabel, transparan, bertanggung jawab, dan tertulis dengan rapi
B. Sahih, akuntabel, terstandarisasi, serta dapat diumumkan kepada publik
C. Sahih, objektif, adil, terpadu, terbuka, menyeluruh, dan berkesinambungan
D. Sahih, terpadu, terbuka, menyeluruh, dan bersifat demokratis
Kunci jawaban: C
13. Sebuah contoh tujuan pembelajaran yang baik adalah…
A. Siswa dapat menirukan tulisan yang diberikan oleh guru
B. Siswa dapat menulis dengan rapi dan bersih menggunakan huruf tegak bersambung
C. Siswa dapat mengungkapkan ide dan perasaan mereka dalam bentuk tulisan
D. Siswa dapat menebalkan tulisan yang dicontohkan oleh guru
E. Siswa dapat menulis kalimat sederhana berdasarkan gambar yang diamati
Kunci jawaban: C
14. Dalam menyusun Penelitian Tindakan Kelas (PTK), kajian pustaka sangat penting. Beberapa manfaat kajian pustaka dalam PTK adalah…
A. Membantu membentuk kerangka konsep dan berpikir dalam penelitian
B. Sebagai referensi untuk menghindari plagiasi dalam penelitian
C. Mendapatkan data penelitian terdahulu yang dapat dipertanggungjawabkan
D. Mengonfirmasi hasil penelitian empiris dengan teori yang ada
Kunci jawaban: A
15. Pak Deni merencanakan pembelajaran tentang “Sumber Daya Alam” dan ingin membuat siswa lebih aktif. Untuk menjelaskan sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui, ia membawa benda-benda berikut ke kelas…
A. Minyak tanah, batubara, timah, dan sayuran
B. Emas, timah, batubara, dan pasir kuarsa
C. Sayuran, buah-buahan, emas, dan intan
D. Sayuran, bunga, minyak tanah, dan pasir
E. Batubara, nikel, bauksit, dan tumbuhan
Kunci jawaban: B
16. Indikator pengetahuan pada tingkat penerapan (C3) untuk pembelajaran siklus air adalah…
A. Mendeskripsikan tahapan-tahapan siklus air
B. Mencermati tahapan-tahapan siklus air
C. Mengilustrasikan tahapan-tahapan siklus air
D. Menganalisis tahapan-tahapan siklus air
Kunci jawaban: C
17. Seorang guru memotong segitiga sembarang menjadi tiga bagian menggunakan sisi-sisinya, kemudian menyatukan ketiga bagian tersebut melalui sudut-sudutnya hingga membentuk sudut lurus. Dengan cara ini, guru mengajarkan bahwa jumlah sudut dalam segitiga adalah 180 derajat. Teknik yang digunakan ini adalah metode pembuktian secara…
A. Formal
B. Deduktif
C. Kritis
D. Kreatif
E. Non formal
Kunci jawaban: D
18. Penilaian keterampilan menulis siswa dalam mengidentifikasi isi gambar sederhana melibatkan…
A. Menyimpulkan isi gambar dengan lengkap menggunakan bahasa yang mudah dipahami
B. Mengamati gambar dengan teliti dan menemukan isi gambar dengan tepat
C. Menjelaskan isi gambar dengan lengkap, serta menggunakan tutur kata yang sopan
D. Memberikan tanggapan sesuai isi gambar dengan tutur kata yang jelas dan sopan
Kunci jawaban: A
19. Ibu Rina merencanakan pengajaran listrik statis menggunakan metode yang mirip dengan permainan sulap. Meskipun alat dan bahan terbatas, metode pembelajaran yang paling sesuai untuk digunakan adalah…
A. Inkuiri
B. Discovery
C. PBL (Project-Based Learning)
D. Demonstrasi
E. Kooperatif
Kunci jawaban: D
20. Dalam pendekatan saintifik, siswa bereksperimen untuk menemukan hubungan antara volume tabung dan volume kerucut dengan cara…
A. Memilih alat peraga tabung dan kerucut yang memiliki alas dan tinggi yang sama, kemudian mengisi kerucut dengan pasir dan memindahkannya ke tabung sebanyak tiga kali
B. Memilih alat peraga tabung dan kerucut, mengisi kerucut dengan pasir, dan memindahkannya ke tabung sebanyak tiga kali
C. Memilih alat peraga tabung dan kerucut yang memiliki alas dan tinggi yang sama, kemudian mengisi tabung dengan pasir dan memindahkannya ke kerucut sebanyak tiga kali
D. Memilih alat peraga tabung dan kerucut, kemudian mengisi tabung dengan pasir dan memindahkannya ke kerucut sebanyak tiga kali
Kunci jawaban: B
21. Ibu Rina menggunakan pendekatan saintifik dalam pengajaran IPA yang melibatkan pengumpulan data mengenai perbedaan tumbuhan yang diletakkan di tempat terang dan gelap. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk…
A. Siswa mencatat informasi yang diberikan oleh guru
B. Siswa mencatat informasi yang diperoleh dari buku
C. Siswa menyajikan tabel hasil pengamatan
D. Siswa mencatat hasil percobaan
Kunci jawaban: D
22. Dalam pembelajaran discovery learning, tahap identifikasi masalah memungkinkan siswa untuk menemukan masalah yang berkaitan dengan materi rantai makanan. Kegiatan identifikasi yang tepat adalah…
A. Siswa berdiskusi untuk menentukan rumusan masalah
B. Siswa berdiskusi mengenai jawaban masalah
C. Siswa berdiskusi untuk merumuskan hipotesis
D. Siswa berdiskusi untuk membuat pertanyaan
Kunci jawaban: C
23. Dari langkah-langkah berikut: (1) Melakukan tes, (2) Mengoreksi jawaban, (3) Menentukan siswa yang mencapai KKM, (4) Menentukan program remedial, (5) Menentukan kenaikan kelas, dan (6) Menentukan kelulusan, kegiatan pengukuran termasuk pada langkah…
A. 4 dan 5
B. 1 dan 6
C. 1 dan 2
D. 2 dan 3
Kunci jawaban: D
24. Ibu Dia, guru kelas 5 SD, mengajarkan tema “Peninggalan Sejarah” dan meminta siswa untuk menonton tayangan video mengenai benda-benda peninggalan sejarah. Langkah selanjutnya yang perlu dilakukan oleh siswa adalah…
A. Membuat karangan mengenai peninggalan sejarah yang telah diamati
B. Menceritakan pengalaman yang didapat dari tayangan video dengan teman sebangku
C. Menyebutkan berbagai benda peninggalan sejarah dalam laporan sederhana
D. Menggambar salah satu benda peninggalan sejarah
E. Guru membimbing siswa untuk melakukan diskusi kelompok tentang tayangan video
Kunci jawaban: E
25. Pak Ali Kurnia, guru kelas 1 SD, khawatir siswa tidak mampu mendeskripsikan benda-benda sekitar karena kemampuan berbicara dalam bahasa Indonesia masih rendah. Masalah utama dalam pembelajaran ini adalah…
A. Kemampuan berbicara bahasa Indonesia yang rendah
B. Penyampaian materi dengan cerita guru tanpa melibatkan siswa
C. Mayoritas penduduk menggunakan bahasa daerah
D. Siswa tidak mampu mendeskripsikan benda-benda dan fungsi anggota tubuh dengan kalimat sederhana
Kunci jawaban: B
26. Jika seorang siswa mengambil pensil teman secara diam-diam, tindakan yang tidak tepat bagi guru adalah…
A. Memberi nasihat bahwa mengambil barang orang lain adalah tindakan yang salah
B. Memberikan kesempatan kepada siswa untuk menjelaskan alasan mengapa ia mengambil pensil temannya
C. Membiasakan siswa untuk berperilaku jujur
D. Guru menjelaskan pada siswa agar membawa alat tulis sendiri
Kunci jawaban: B
27. Salah satu prinsip penting dalam penyusunan RPP adalah…
A. Materi atau bahan ajar harus berbasis kompetensi
B. Pembelajaran harus berpusat pada peserta didik
C. RPP harus mengacu pada silabus
D. Alokasi waktu harus sesuai dengan jadwal yang ada
Kunci jawaban: B
28. Urutan ranah kognitif dalam taksonomi Bloom dimulai dari…
A. Ingatan; pemahaman, analisis, aplikasi, sintesis, dan evaluasi
B. Ingatan, pemahaman, aplikasi, analisis, sintesis, dan evaluasi
C. Ingatan, pemahaman, sintesis, aplikasi, analisis, dan evaluasi
D. Ingatan, pemahaman, analisis, aplikasi, evaluasi, dan sintesis
Kunci jawaban: B
29. Taksonomi Anderson dan Krathwohl memperbarui taksonomi Bloom dengan urutan ranah kognitif sebagai berikut…
A. Ingatan; pemahaman, analisis, aplikasi, sintesis, dan evaluasi
B. Ingatan, pemahaman, aplikasi, analisis, sintesis
C. Ingatan, pemahaman, sintesis, aplikasi, analisis, dan evaluasi
D. Ingatan, pemahaman, aplikasi, analisis, evaluasi, dan mencipta
Kunci jawaban: D
30. Model pembelajaran yang mendorong siswa untuk berpikir kreatif, realistis, dan mampu memecahkan masalah adalah…
A. Role Playing
B. Inquiry
C. Problem Solving
D. Picture and Picture
Kunci jawaban: C
31. Salah satu faktor yang harus dipertimbangkan ketika mengadakan diskusi untuk pemecahan masalah dalam pembelajaran adalah…
A. Waktu yang tersedia untuk melaksanakan diskusi
B. Rumusan masalah yang perlu didiskusikan
C. Jumlah peserta didik yang terlibat dalam pembelajaran
D. Motivasi belajar siswa
Kunci jawaban: B
32. Jika seorang siswa tidak menjawab pertanyaan, tindakan yang paling tepat bagi guru adalah…
A. Meminta siswa lain untuk menjawab pertanyaan tersebut
B. Memberikan umpan balik agar siswa tersebut lebih termotivasi
C. Menyuruh siswa tersebut untuk berpikir lebih keras
D. Memberikan kesempatan kepada siswa untuk menjawab setelah beberapa waktu
Kunci jawaban: B
33. Dalam proses pembelajaran, salah satu metode yang dapat digunakan untuk mengeksplorasi konsep-konsep baru secara mandiri oleh siswa adalah model pembelajaran…
A. Problem Based Learning
B. Discovery Learning
C. Jigsaw
D. Cooperative Learning
Kunci jawaban: B
34. Salah satu tujuan utama dari penerapan model pembelajaran berbasis proyek (Project Based Learning) adalah…
A. Untuk meningkatkan keterampilan sosial siswa
B. Meningkatkan penguasaan teori secara mendalam
C. Memberikan kesempatan siswa untuk belajar secara langsung
D. Meningkatkan kemampuan teknis dalam bidang tertentu
Kunci jawaban: C
35. Penilaian kinerja dalam pembelajaran berbasis kompetensi dilakukan untuk…
A. Mengukur kemampuan siswa dalam memahami materi yang diajarkan
B. Mengidentifikasi kelemahan siswa dalam aspek tertentu
C. Memberikan nilai berdasarkan ujian akhir semester
D. Menilai hasil belajar dari aplikasi praktis materi yang dipelajari
Kunci jawaban: D
36. Ketika guru mengadakan kelas diskusi, faktor utama yang menentukan keberhasilan pembelajaran adalah…
A. Ketersediaan materi ajar yang menarik
B. Partisipasi aktif siswa dalam diskusi
C. Pemilihan topik yang menarik perhatian
D. Kualitas fasilitas pendukung yang digunakan
Kunci jawaban: B
37. Untuk memastikan siswa mampu berpikir kritis dan kreatif, guru harus menerapkan pendekatan pembelajaran yang memungkinkan siswa untuk…
A. Menghafal informasi dengan cepat
B. Menggunakan media pembelajaran modern
C. Menganalisis dan memecahkan masalah dengan cara baru
D. Mengikuti instruksi dengan cermat
Kunci jawaban: C
38. Ketika menerapkan metode pembelajaran yang bersifat eksperimen, tujuan utama adalah…
A. Memberikan pengetahuan teoretis yang mendalam
B. Mengajarkan keterampilan praktis yang langsung bisa diaplikasikan
C. Mengembangkan kebiasaan belajar mandiri
D. Memberikan kesempatan untuk mengulang materi yang sulit
Kunci jawaban: B
39. Dalam proses pembelajaran yang melibatkan kerja kelompok, salah satu prinsip yang harus diperhatikan adalah…
A. Menilai berdasarkan kecepatan penyelesaian tugas kelompok
B. Mendorong kolaborasi dan komunikasi antar siswa
C. Membatasi interaksi antara siswa dengan guru
D. Menjaga agar siswa tetap fokus pada pekerjaan individu
Kunci jawaban: B
40. Dalam mengajarkan konsep matematika yang melibatkan berbagai langkah, salah satu metode yang cocok adalah…
A. Demonstrasi melalui contoh konkret
B. Pengajaran secara teori tanpa praktik
C. Menggunakan alat bantu yang tidak berhubungan langsung dengan materi
D. Memberikan soal latihan sebanyak mungkin
Kunci jawaban: A
💡 Siapkan Diri Anda untuk Sukses dengan Bimbel PPPK Guru IPA!
🚀 Kenapa Harus Gabung Sekarang?
✅ Materi Lengkap: Fokus pada soal-soal PPPK Guru IPA terkini.
✅ Pembelajaran Interaktif: Belajar dengan mentor ahli kapan saja.
✅ Simulasi Ujian CAT: Persiapan maksimal seperti ujian sebenarnya.
✅ Garansi Uang Kembali: Jika tidak lulus, uang Anda kembali 100%.
✅ Harga Promo: Daftar sekarang dan nikmati diskon eksklusif!
💬 Gabung Sekarang dan Wujudkan Impian Jadi ASN!
👉 Klik link ini untuk info lebih lanjut
🎯 Ayo, Jangan Tunda Lagi! Raih Peluang Emas Lulus PPPK 2024 Bersama Kami!
👉 Gabung sekarang di Bimbel PPPK Online BLC dan persiapkan diri dengan materi lengkap untuk lulus PPPK 2024 dengan hasil terbaik! 🎯💼